Sabtu, 15 Mei 2010

Mengenal Dreamweaver


Software DreamWeaver ini merupakan salah satu software untuk mendesain website atau homepage, selain software FrontPage yang sering kita dengar. Untuk memahami cara bekerja dengan DreamWeaver paling tidak ada tiga komponen yang perlu dimengerti pengguna software ini:
1. Halaman utama: untuk desain website itu sendiri (tampilan web maupun kode HTML)
2. Obyek / Tool: terdiri dari common, layout, text, frames, forms, templates, character, head, script dan application. Fungsinya adalah memasukan obyekatau sifat obyek yang Anda inginkan, misalnya memasukan table dan segala sifat-sifatnya, atau membubuhkan sifat text.

3. Properties: berfungsi sebagai alat pengedit obyek yang sedang Anda olah. Proporties akan berubah sesuai dengan obyek yang sedang Anda olah.

DreamWeaver menyediakan tiga metode dalam mendesain website. Pertama, mendesain dengan menggunakan kode HTML (bahasa dasar dalam membuat website). Metode pertama ini tentunya bagi pendesain yang sudah mahir kode HTMLnya. Kalau kita memilih metode pertama ini, maka layar di tampilan utama ini murni kode-kode HTML. Sekali lagi ini cukup merepotkan bagi pemula. Karenanya tidak dianjurkan bagi pemula menggunakan metode pertama ini. Kedua, kita bisa desain juga dengan visualisasinya seperti kita mengetik melalui editor word prosesor (MS WORD, misalnya). Metode kedua ini cocok bagi pemula. Karena pendesain tidak perlu repot-repot memikirkan kode HTML. Anda cukup
klik tool yang Anda perlukan, DreamWeaver akan membuat sendiri HTML kodenya. Jadi pada dasarnya tool hanya membuat HTML kode. Berbeda dengan metode pertama, layar tampilan yang nampak sama seperti di website. Dalam dunia Desktop Publishing disebut WYSIWYG (What you see is what you get = Apa yang Anda lihat itulah tampilan sebenarnya). Atau metode yang ketiga, yaitu perpaduan keduanya, mendesain secara visual tapi juga bisa mengedit dengan kode HTML. Metode ini sebetulnya lebih tepat
daripada hanya mengAndalkan WYSIWYG. Sebab koreksi akan lebih tepat dilakukan dengan kode HTML daripada sekedar tools.

Download

0 komentar: